Translate

Pages

Sabtu, 04 Januari 2014

Ringkasan Seminar Studi IMK


RINGKASAN SEMINAR PUSAT STUDI INTERAKSI MANUSIA DAN TEKNOLOGI


“Perspektif terhadap Intraksi Manusia dan Teknologi dalam Menghadapi Era Globaisasi”


Selasa, 26 Maret 2013


Universitas Gunadarma



Seminar Ilmiah dengan Narasumber I : Prof. Dr.Ir. Anang Zaini Gani, MSIE
“ Interaksi Manusia dan Teknologi dalam era globalisasi”
Ø Interaksi manusia vs teknologi

Sejarahnya : 
1. Masyarakat pertanian (800 SM -1700) penemuan “pacul”.
2. Masyarakat Industri (1700 – 1970) penemuan alat bantu otot.
3. Masyarakat informas (1970 – 2000) penemuan alat bantu otak.

Indonesia merupakan unmanagable country, maksudnya disini unmanageable disini adalah Indonesia merupakan negara yang kaya raya tetapi Indonesia tidak bisa mengurus dirinya sendiri dengan memanfaatkan sumber daya yang ada. Kita masih berkegantungan dengan inpor dari luar yang tidak berbanding lurus dengan impor yang kita keluarkan. Disini kita punya penggambaran solusinya ;

Ada sebuah system yang menunjuk ke sebuah model, model merupakan gambaran dari sebuah sistem, dengan model kita bisa tahu masalah-masalahanya serta solusi menyelesaikan masalah tersebut. Untuk itu kita perlu gambaran dari negeri ini.


Ø Daya saing negara

Ada 2 faktor yang menentukan daya saing negara yaitu manusia dan teknologi. Daya saing negara Indonesia terus turun, hanya perusahaan yang inovatif lah yang dapat maju dan memajukan Indonesia.


Ø 6 senjata gelap globalisasi

1. Demokrasi
2. HAM
3. HAKI
4. Lingkungan
5. Standarisasi (ISO)
6. Risk Country

Ø Teknologi dan unsurnya

1. Tecnoware
2. Hardware
3. Infoware
4. Organware


Ø Kunci keberhasilan dalam globalisasi
1. Vision
2. Patience
3. Fows
4. Creativitas
5. Sensitive


Seminar Ilmiah dengan narasumber II : Dr.Ing. Adang Suhendra


“ Virtual Reality Technology”

Ø Virtual Reality (VR) merupakan sebuah teknologi untuk memberikan simulasi dan interaksi. VR akan membantu memberikan pemahaman tentang suatu hal dengan cara simulasi dan interaksi.


Ø Sejarah VR :
- 1950 untuk simulasi penerbangan oleh US Air Force
- 1965 untuk program komputer grafik yang disebut The Ultimate Display.
- 1988 untuk pemerintah
- 1991 Pertama kali di komersilkan atau dijual.


Ø Jenis-jenis VR


1. Windows On World

VR jenis ini sudah diterapkan di laptop, smart tv, dll.

2. Immersive VR
Visualnya lebih nyata dengan teknologi 3D world.

3. Mixed Reality (Augmented Reality)

Dengan menggabungkan keadaan yang sesungguhnya.

4. Distributed VR


Ø Masalah-masalah pada VR

- Cybersickness
- Low-fidelity
- Experience

Ø Teknologi pada VR
· Hardware
1. Head – Mounted Display (HMD)
2. Binocular Omni – Orientation Monitor (BOOM)
3. Cave Automatic Virtual Environment (CAVE)
4. Data Glove dan Motion Capture
5. Control Device

· Software
1. Toolkits
2. Authoring System
3. Virtual Reality Modelling Language (VRML)

Ø Penerapan aplikasi

1. Entertainment
2. Medicine
3. Eduvation dan training



MASYARAKAT DALAM MENGHADAPI GLOBALISASI


Masyarakat Indonesia adalah masyarakat sangat ramah ,menghargai perbedaan, menghormati antar sesama dan berakhlak baik. Dalam menyelesaikan masalahpun masyarakat Indonesia selalu dengan musyawarah ,sehingga mencapai persetujuan yang sama . tetapi sekarang masyarakat indonesia sangat berbeda dengan apa yang saya sebutkan tadi. Saat ini masyarakat Indonesia mengalami krisis moral sehingga mereka berpikir pendek, tidak menghargai perbedaan, sangat labil emosinya dan malas. Mengapa hal ini terjadi ? hal ini terjadi dikarenakan masyarakat sulit menyaring informasi dari media seperti TV, Internet dan lain lain. Informasi yang baik dan buruk mereka terima begitu saja dan di aplikasikan di kehidupan mereka . faktor lainnya , dikarenakan pembangunan ekonomi yang tidak merata, hidup tidak sejahtera dan kurangnya perhatian orang tua terhadap anaknya.


Akibat adanya globalisasi pada teknologi terdapat dampak buruk dan baik sehingga kita perlu berhati hati .Kita perlu waspada terhadap informasi yang kita terima. Tidak semua informasi harus kita terima begitu saja dan dilakukan di kehidupan . banyak budaya luar yang seharunya kita tidak dapatkan, misalkan gaya hidup yang kurang baik , etika berbicara yang kasar, mengikuti mode pakaian yang terlalu terbuka dan lain lain yang menyebabkan hilangnya budaya pancasila dan aturan agama yang diabakan, hal ini sudah di rasakan dengan fakta fakta yang terjadi dilingkungan kita misalnya dimanfaatkan teknologi informasi sebagai sarana untuk melakukan penipuan , melakukan penghinaan terhadap agama/SARA , pornographi dan mempelajari hal yang tidak baik. Hal itu disebabkan kemajuan teknologi pada system jaringan yang tidak di saring informasi buruknya. dampak baik adanya globalisasi, komunikasi dapat dilakukan dengan cepat. Teknologi selalu berkembang dengan pesat, komputer dan handphone sebagai sarana nomor satu dalam mencari informasi , pemahaman masyarakat terhadap internet semakin tinggi dalam jaringan serta pemanfaat komputer dan sistemnya, semakin kreatifnya anak bangsa dalam melakukan proses pembelajaran, mempermudah pekerjaan misalnya internet banking, membeli barang, bersosialisasi, mencari pekerjaan dan info lainnya.


Manusia yang baik adalah manusia yang memahami apa yang baik dan buruk bagi orang lain sehingga menghindari yang buruk dan mencari hal yang baik demi mendapatkan lingkungan yang sejahtera bagi orang lain dan dirinya . Namun dengan berkembangnya teknologi misalnya system komputer , teknologi informasi dan globalisasi yang sudah ada sejak dahulu. Banyak dimanfaatkan masyarakat untuk hal yang kurang bermanfaat dan tidak baik. Dalam menghadapi informasi yang kita dapatkan, kita harus mencerna dan membiasakan diri mencari informasi seakan akan untuk mencari pengetahuan dan ilmu

Untuk mewujudkan hal tersebut maka kita harus mengetahui dampak yang akan terjadi jika melakukan hal yang negatif akbiat dari informasi yang tidak baik. Selain itu peran orang tua juga sangat penting oleh sebab itu sebaiknya orang tua lebih memahami teknologi komputer dan internet dari pada anaknya , agama serta pendidikan juga sangat penting. Dengan mempelajari agama dan memperbanyak waktu untuk belajar maka seseorang akan lebih focus kepada kegiatannya . dengan kegiatan tersebut saya yakin masyarakat indonesia akan menjadikan masyarakat yang cerdas bukan hanya kecerdasan IQ nya saja ,namun kecerdasan ESQ pun akan tinggi, sehingga akan dapat menyaring informasi yang buruk dan mengambil informasi yang baik saja .


Jadi dengan fenomena Globalisasi interaksi antara manusia , manusia dengan informasi , yang menyebabkan manusia terpengaruh oleh informasi tersebut akan berkurang bahkan tidak ada jika kita menerapkan kegiatan agama, pembelajaran dan bimbingan orang tua . dalam hal kemajuan teknologi juga kita harus mendidik anak bangsa agar memanfaatkannya dengan baik , alangkah baiknya jika sekolah sekolah memberi edukasi menghadapi dunia era Globalisasi dan kemajuan teknologi informasi yang selama ini tidak pernah dan jarang dilakukan oleh lembaga pendidikan


Dengan demikian dalam menghadapi Globalisasi demi menjaga budaya , perilaku dan jiwa kita harus menjadi orang yang cerdas dalam mendapatkan informasi agar tidak terpengaruh budaya kurang baik . oleh sebab itu dibutuhkan usaha dari pemerintah, masyarakat dan dari diri kita sendiri . agar dapat memanfaatkan teknologi yang sangat modern dan canggih dengan sebaik baiknya


KESIMPULAN


Di era globalisasi ini kita dapat mengambil informasi dari media elektronik maupun cetak. Kita mendapatkan informasi tidak selalu baik,tetapi kita harus menyaringnya sehingga budaya , tingkah laku dan etika kita dapat dipertahankan dan merupakan jiwa bangsa Indonesia . untuk memiliki kemampuan menyaring informasi dari internet kita harus memiliki keceradasan IQ dan ESQ yang tinggi dengan melakukan pembelajaran , agama dan peran orang tua tyang sangat penting .setelah itu pemerintah dan lembaga pendidikan harus memberi presentasi/pengajaran tentang bagaimana kita dalam menghadapi era globalisasi dan kemajuan teknologi komputer serta informasi. Dengan demikian maka masyarakat di Indonesia akan menjaga budaya , etika dan perilakunya sebagai bangsa yang ramah , menghargai perbedaan , menghoramti sesama .

0 komentar:

Posting Komentar