BAB II
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Dalam
kenyataan yang ada sekarang ini tak dapat kita pungkiri lagi semua
hal yang ada disekitar kita telah dipengaruhi oleh ganasnya
perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). Yang mana semua
itu akan memberikan kontribusi yang sanagat besar terhadap pembentukan
perilaku-perilaku dan kepribadian manusia.
Seperti
kita ketahui, alat komunikasi telah kita kenal sejah berabad-abad lalu, walaupun masih
sangat sederhana sekali. Misalnya
menyampaikan surat dengan menggunakan burung merpati. Kemudian sebuah titik
yang bermula pada suatu pemikiran yang ulet, telah menjadikaan sesuatu yang
bermanfaat untuk mempermudah semua aspek kehidupan bernama TEKNOLOGI
INFORMASI DAN KOMUNIKASI. Dunia saat ini seakan tidak bisa terlepas
dari teknologi. Konsumsi masyarakat khususnya bagi mahasiswa akan teknologi
informasi dan komunikasi semakin menggila dan membludak.
Awalnya,
teknologi diciptakan untuk mempermudah setiap kegiatan manusia. Kini teknologi
telah berkembang pesat dan semakin maju seiring dengan perkembangan zaman
sehingga terjadi pengalihan fungsi dari TIK itu sendiri, menjadi sangat umum,
karena adanya fitur-fitur yang dulunya memang tidak ada kini telah komplit
dalam satu produk. Perkembangan ini menuntut setiap individu untuk selalu
meng-update hal-hal terbaru yang ada guna pemenuhan kebutuhannya pada dirinya sendiri.
Maka dari itu perkembangan TIK pada zaman sekarang sangat
pesat dan akan ditunggu untuk update-an nya itu sendiri, misal contoh :
Handphone update dengan fitur-fitur terbaru atau laptop dengan aplikasi
aplikasi terbarunya.
B.
Identifikasi Masalah
1. Banyaknya generasi penerus
bangsa terpengaruh moralnya dengan perkembangan TIK.
2. Kecerobohan Mahasiswa dalam
pemakaian TIK, mana yang benar mana yang tidak.
3. Merosotnya Prestasi Akademik
karena perkembangan TIK
C.
Rumusan Masalah
Permasalahan yang akan
dikembangkan atau di utarakan dalam penilitian ini adalah :
1. Adakah hubungannya antara perkembangan dari TIK
ini sendiri terhadap prestasi belajar ataupun nilai akademik pada mahasiswa
secara keseluruhan?
2. Adakah rusaknya moral
mahasiswa karena perkembangan TIK begitu pesat?
D.
Tujuan Penilitian
1. Untuk mengetahui apakah
perkembangan TIK mempengaruhi prestasti / nilai akademik dari Mahasiswa.
2. Untuk mengetahui apakah
perkembangan TIK merusak moral mahasiswa.
E.
Penggunaan Penilitian
1. Bagi peneliti : Dapat
memberikan pengetahuan lebih agar saya bisa lebih berhati – hati menggunakan
TIK tersebut
2. Bagi Mahasiswa : Dapat lebih tau apa yang dimaksud TIK agar
tidak merusak moral dan pengetahuan dari Mahasiswa tersebut
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Landasan Teori
Kata teknologi berasal
dari bahasa Yunani, technologia, techne yang berarti
‘keahlian’ dan logia yang berarti ‘pengetahuan’. Dalam
pengertian yang sempit, teknologi mengacu pada objek benda yang dipergunakan
untuk kemudahan aktivitas manusia, seperti mesin, perkakas, atau perangkat
keras. Menurut
Roger (1983) teknologi adalah suatu rancangan (desain) untuk alat bantu
tindakan yang mengurangi ketidakpastian dalam hubungan sebab akibat dalam
mencapai suatu hasil yang diinginkan. Seorang ilmuan yaitu KENNETH
mengemukakan pengertian Informasi yaitu data yang sudah dibentuk ke dalam
sebuah formulir bentuk yang bermanfaat dan dapat digunakan untuk manusia.
Sedangkan MURDICK mengemukakan Informasi yaitu terdiri atas data yang telah
didapatkan, diolah/diproses, atau sebaliknya yang digunakan untuk tujuan
penjelasan/penerangan, uraian, atau sebagai sebuah dasar untuk pembuatan
ramalan atau pembuatan keputusan. Selain
pengertian teknologi, dan informasi masih ada satu hal yang tak kalah
pentingnya, yaitu definisi dari komunikasi. Menurut Raymond S. Ross (1974:b7)
mendefinisikan komunikasi sebagai proses transdiksional yang meliputi
pemisahan, pemilihan bersama lambang tertentu secara kognitif, begitu rupa
sehinggga membantu orang lain untuk mengeluarkan dari pengalamannya sendiri
arti atau respon yang sama dengan yang dimaksud dengan sumber. Jadi dari beberapa
definisi diatas maka dapat kita simpulkan bahwa Teknologi Informasi dan
Komunikasi mengandung pengertian luas yaitu segala kegiatan yang terkait dengan
pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, pemindahan informasi antar media.
B.
Hipotesis
TIK
dalam harfiah nya dapat membuat seseorang menjadi cerdas dan berpengetahuan
lebih dari orang lain, misal : Seorang mahasiswa mampu menjawab pertanyaan yang
sulit dari dosen, karena ia sudah belajar atau pernah membaca apa yang
ditanyakan oleh dosen di internet. Maka
dari itu jika TIK dimanfaatkan dengan hal yang baik maka akan menghasilkan
sesuatu yang positif pula, tetapi sebaliknya jika di manfaatkan dengan hal yang
negatif maka TIK akan merusak orang yang memanfaatkan TIK dengan cara yang
negatif.
BAB III
METODELOGI PENELITIAN
A. Tempat & Waktu Penelitian
Penilitian akan dilakukan pada 06 Januari 2014 di
kampus E Gunadarma Depok.
B. Metode Penelitian
“Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Tadjoer
Ridjal dalam buku Metode Penelitian Kualitatif mengatakan bahwa penelitian yang
menggunakan pendekatan kualitatif bertujuan untuk menggali atau membangun suatu
proposisi atau menjelaskan makna dibalik realita. Peneliti berpijak pada realita
atau peristiwa yang berlangsung di lapangan. Apa yang dihadapi dalam penelitian
adalah dunia sosial sehari-hari. Penelitian seperti ini berupaya memandang apa
yang sedang terjadi dalam dunia tersebut dan melekatkan dengan temuan-temuan
yang diperoleh di dalamnya. Oleh karena itu apa yang dilakukan oleh peneliti
selama di lapangan termasuk dalam suatu posisi yang berdasar kasus atau
ideografis yang mengarahkan perhatian pada spesifikasi kasus-kasus tertentu.”
(Bungin, 2001: 124).
Oleh
karena itu data penelitian juga berdasar atas refleksi peneliti
mengingat keterlibatan peneliti secara langsung dalam fenomena kehidupan sosial
masyarakat yang diangkat dalam penelitian.” (Bungin, 2001: 125). “Sejumlah
tindakan di lapangan menggunakan beragam metode pengumpulan data, mulai dari
wawancara, pengamatan, interpretasi dokumen sejarah oral dan pribadi, hingga
introspeksi dan refleksi diri. “Pendekatan kualitatif diharapkan mampu
menghasilkan suatu uraian mendalam tentang ucapan, tulisan, dan tingkah laku
yang dapat diamati dari suatu individu, kelompok, masyarakat, organisasi
tertentu dalam suatu konteks setting tertentu yang dikaji dari sudut
pandang yang utuh, komprehensif dan holistic/menyeluruh.” (Ruslan, 2003:
213).
C.
Subjek
Penelitian
Subjek dalam penelitian ini adalah
mahasiswa Gunadarma tingkat 3.
D.
Teknik Analisis Data
Teknik
analisis data yang saya ambil adalah wawancara, karena wawancara dapat
menjelaskan secara rinci bagaimana mahasiswa berinteraksi langsung dengan TIK,
dan saya dapat mengetahui mana positif mana negatifnya.
DAFTAR PUSTAKA
- http://hambolot.blogspot.com/2012/01/contoh-proposal-penelitian.html
- asikbelajar-tik.blogspot.com/
0 komentar:
Posting Komentar