Translate

Pages

Sabtu, 04 Januari 2014

Proposal Penelitian TIK


BAB II
PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang
Dalam kenyataan yang ada sekarang ini tak dapat kita pungkiri lagi semua hal yang ada disekitar kita telah dipengaruhi  oleh ganasnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK).  Yang mana semua itu akan memberikan kontribusi yang sanagat besar terhadap pembentukan perilaku-perilaku dan kepribadian manusia.
Seperti kita ketahui, alat komunikasi telah kita kenal sejah berabad-abad lalu, walaupun masih sangat sederhana sekali. Misalnya menyampaikan surat dengan menggunakan burung merpati. Kemudian sebuah titik yang bermula pada suatu pemikiran yang ulet, telah menjadikaan sesuatu yang bermanfaat untuk mempermudah semua aspek kehidupan bernama TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI. Dunia saat ini seakan tidak bisa terlepas dari teknologi. Konsumsi masyarakat khususnya bagi mahasiswa akan teknologi informasi dan komunikasi semakin menggila dan membludak.
            Awalnya, teknologi diciptakan untuk mempermudah setiap kegiatan manusia. Kini teknologi telah berkembang pesat dan semakin maju seiring dengan perkembangan zaman sehingga terjadi pengalihan fungsi dari TIK itu sendiri, menjadi sangat umum, karena adanya fitur-fitur yang dulunya memang tidak ada kini telah komplit dalam satu produk. Perkembangan ini menuntut setiap individu untuk selalu meng-update hal-hal terbaru yang ada guna pemenuhan kebutuhannya pada dirinya sendiri.
            Maka dari itu perkembangan TIK pada zaman sekarang sangat pesat dan akan ditunggu untuk update-an nya itu sendiri, misal contoh : Handphone update dengan fitur-fitur terbaru atau laptop dengan aplikasi aplikasi terbarunya.

B.  Identifikasi Masalah
1. Banyaknya generasi penerus bangsa terpengaruh moralnya dengan perkembangan TIK.
2. Kecerobohan Mahasiswa dalam pemakaian TIK, mana yang benar mana yang tidak.
3. Merosotnya Prestasi Akademik karena perkembangan TIK



C.  Rumusan Masalah
Permasalahan yang akan dikembangkan atau di utarakan dalam penilitian ini adalah :
1.  Adakah hubungannya antara perkembangan dari TIK ini sendiri terhadap prestasi belajar ataupun nilai akademik pada mahasiswa secara keseluruhan?
2. Adakah rusaknya moral mahasiswa karena perkembangan TIK begitu pesat?

D.  Tujuan Penilitian
1. Untuk mengetahui apakah perkembangan TIK mempengaruhi prestasti / nilai akademik dari Mahasiswa.
2. Untuk mengetahui apakah perkembangan TIK merusak moral mahasiswa.

E.  Penggunaan Penilitian
1. Bagi peneliti : Dapat memberikan pengetahuan lebih agar saya bisa lebih berhati – hati menggunakan TIK tersebut
2. Bagi Mahasiswa :  Dapat lebih tau apa yang dimaksud TIK agar tidak merusak moral dan pengetahuan dari Mahasiswa tersebut










BAB II
PEMBAHASAN
A.      Landasan Teori
Kata teknologi berasal dari bahasa Yunani,  technologia,  techne yang berarti ‘keahlian’ dan  logia  yang berarti ‘pengetahuan’. Dalam pengertian yang sempit, teknologi mengacu pada objek benda yang dipergunakan untuk kemudahan aktivitas manusia, seperti mesin, perkakas, atau perangkat keras. Menurut Roger (1983) teknologi adalah suatu rancangan (desain) untuk alat bantu tindakan yang mengurangi ketidakpastian dalam hubungan sebab akibat dalam mencapai suatu hasil yang diinginkan. Seorang ilmuan yaitu KENNETH mengemukakan pengertian Informasi yaitu data yang sudah dibentuk ke dalam sebuah formulir bentuk yang bermanfaat dan dapat digunakan untuk manusia. Sedangkan MURDICK mengemukakan Informasi yaitu terdiri atas data yang telah didapatkan, diolah/diproses, atau sebaliknya yang digunakan untuk tujuan penjelasan/penerangan, uraian, atau sebagai sebuah dasar untuk pembuatan ramalan atau pembuatan keputusan. Selain pengertian teknologi, dan informasi masih ada satu hal yang tak kalah pentingnya, yaitu definisi dari komunikasi. Menurut Raymond S. Ross (1974:b7) mendefinisikan komunikasi sebagai proses transdiksional yang meliputi pemisahan, pemilihan bersama lambang tertentu secara kognitif, begitu rupa sehinggga membantu orang lain untuk mengeluarkan dari pengalamannya sendiri arti atau respon yang sama dengan yang dimaksud dengan sumber. Jadi dari beberapa definisi diatas maka dapat kita simpulkan bahwa Teknologi Informasi dan Komunikasi mengandung pengertian luas yaitu segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, pemindahan informasi antar media.

B.  Hipotesis
TIK dalam harfiah nya dapat membuat seseorang menjadi cerdas dan berpengetahuan lebih dari orang lain, misal : Seorang mahasiswa mampu menjawab pertanyaan yang sulit dari dosen, karena ia sudah belajar atau pernah membaca apa yang ditanyakan oleh dosen di internet. Maka dari itu jika TIK dimanfaatkan dengan hal yang baik maka akan menghasilkan sesuatu yang positif pula, tetapi sebaliknya jika di manfaatkan dengan hal yang negatif maka TIK akan merusak orang yang memanfaatkan TIK dengan cara yang negatif.




BAB III
METODELOGI PENELITIAN
A.  Tempat & Waktu Penelitian
Penilitian akan dilakukan pada 06 Januari 2014 di kampus E Gunadarma Depok.

B.  Metode Penelitian
“Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Tadjoer Ridjal dalam buku Metode Penelitian Kualitatif mengatakan bahwa penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif bertujuan untuk menggali atau membangun suatu proposisi atau menjelaskan makna dibalik realita. Peneliti berpijak pada realita atau peristiwa yang berlangsung di lapangan. Apa yang dihadapi dalam penelitian adalah dunia sosial sehari-hari. Penelitian seperti ini berupaya memandang apa yang sedang terjadi dalam dunia tersebut dan melekatkan dengan temuan-temuan yang diperoleh di dalamnya. Oleh karena itu apa yang dilakukan oleh peneliti selama di lapangan termasuk dalam suatu posisi yang berdasar kasus atau ideografis yang mengarahkan perhatian pada spesifikasi kasus-kasus tertentu.” (Bungin, 2001: 124).
Oleh karena  itu data penelitian juga berdasar atas refleksi peneliti mengingat keterlibatan peneliti secara langsung dalam fenomena kehidupan sosial masyarakat yang diangkat dalam penelitian.” (Bungin, 2001: 125). “Sejumlah tindakan di lapangan menggunakan beragam metode pengumpulan data, mulai dari wawancara, pengamatan, interpretasi dokumen sejarah oral dan pribadi, hingga introspeksi dan refleksi diri. “Pendekatan kualitatif diharapkan mampu menghasilkan suatu uraian mendalam tentang ucapan, tulisan, dan tingkah laku yang dapat diamati dari suatu individu, kelompok, masyarakat, organisasi tertentu dalam suatu konteks setting tertentu yang dikaji dari sudut pandang yang utuh, komprehensif dan holistic/menyeluruh.” (Ruslan, 2003: 213).

C.  Subjek Penelitian
Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Gunadarma tingkat 3.

D.  Teknik Analisis Data
Teknik analisis data yang saya ambil adalah wawancara, karena wawancara dapat menjelaskan secara rinci bagaimana mahasiswa berinteraksi langsung dengan TIK, dan saya dapat mengetahui mana positif mana negatifnya.
DAFTAR PUSTAKA

- http://hambolot.blogspot.com/2012/01/contoh-proposal-penelitian.html
- asikbelajar-tik.blogspot.com/






0 komentar:

Posting Komentar